SELAMAT DATANG DI DAPUR TULIS, BLOG YANG BARU DIREPARASI UNTUK KEPERLUAN MENGGODOK TULISAN AGAR BERMANFAAT UNTUK KEMAJUAN ILMU PENGETAHUAN

11/30/2008

mengenal Minix OS


Gambar Desktop pada Sistem Operasi Minix 3

sebuah keterangan artikel tua yang dimuat dari minix3.org menceritakan betapa hebatnya sistem operasi tua ini bekerja. Seperti Linux- memang Linux adalah Minix, Linux dibangun pertama kali berbasiskan kernel yang dituliskan oleh pencipta Minix OS. sesuai dengan logo "Rakun" pada Minix, Minix memiliki ke unggulan yang hebat diantara Sistem Operasi manapun (sebelum Linux lahir) antara lain :


1. Sistem Kerja Minix hanya menggunakan Single Chip
2. Sistem ini tidak banyak memakan Memory RAM
3. Menggunakan sedikit energi listrik.
4. Bisa di Modifikasi (remaster)
5. Dan yang PAsti MINIX ber-lable kan GPL (General Public License) alias Gratis

apa saja Fiturnya...?
* terkomplikasi dengan POSIX
* Jaringan menggunkan TCP/IP
* X Window System
* Languages: cc, gcc, g++, perl, python, etc.
* terdapat lebih dari 650 Program UNIX
* Many improvements since V2
* Multi Pengguna dan Multi Pemprograman
* tidak Perlu meng-Install Driver Device
* High degree of fault tolerance
* termasuk juga ribuan Kode C

Spesifikasi HArdware yang kompitable
MINIX 3, Kamu harus memiliki PC 386, 486, atau Pentium CPU atau sejenisnya. minimum RAM yang dimiliki adalah 16 MB (minimum Binary setelah 8 karakter). pada ukuran 8-MB MINIX juga mampu berjalan, hanya saja berjalan sangat lambat karena tidak ada ruang cahce untuk berlari. MINIX banyak didistribusikan melalui Live CD itu artinya sebelum kamu Installasikan ke Komputer kamu bisa mencoba Fitur-fitur dan aplikasi-aplikasi di dalam Minix dan jika tidak cocok Installasi bisa dibatalkan tanpa menanam 1 Bite pun pada hard disk, jika kamu hendak menginstallkan Minix pada komputer, harus ada 50 MB lokasi untuk menyimpan sistem (minimal) dan minimalis aplikasi serta fitur dari minix, namun jika kamu menempatkan dalam ukuran 600 MB kamu akan mendapatkan semua Source dan semua aplikasi yang canggih.

Versi yang tersedia
saat ini minix hanya merilis hingga MINIX 3 (3.1.2) namun itu semua akan mengalami perkembangan dan penyempurnaan. namun jika kita sulit menemukan Minix, kita dapat mendownloadnya atau menggunkan FreeBSD atau Linux yang saat ini sudah sempurna dengan pembaharuan kernel seri 2.4 nya. minix sedang meneliti struktur Xscale dan PowerPC. variasi program baru dan hard ware baru masih proses pengembangan, dan kemudian akan di umumkan kembali. sebenarnya Minix memiliki pelayanan yang tak kalah dengan Linux dalam hal pelayanan pengembangan sistem dan distribusi. semua atau salah satu dari versi Minix dapat di download di situs resminya. atau butuh informasi tambahan bisa hubungi Minix3.org atau ingin berlangganan informasi bisa kunjungi comp.os.minix.

sumber utama artikel:
www.minix3.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar